Tuesday, June 8, 2010

apakah keinginan manusia sebenarnya?

kita beranjak dari sebuah pertanyaan, bahwa apakah sebenarnya yang diinginkan manusia? kita coba membaginya menjadi tiga pilihan jawaban:
A.sesuai dengan keinginannya
B.sesuai dengan keinginan orang lain
C.sesuai dengan keinginan dirinya dan keinginan orang lain

setelah penelitian kwnatitatif di facebook, bertanya dan membaca, kebanyakan orang menjawab dan memilih B dan C, dan hanya sedikit yang memilih A.

berdasarkan ilmu psikologi, manusia itu adalah inti dari spiral, dan apapun yang dilakukanyya adalah lingkaran spiral, jadi, apapun yang dilakukan manusia akan selalu kembali kepadanya.


dan kita pernah mendengar pepatah orang lama: "kalau ingin dihaormati orang hormatilah orang lain terlebih dahulu"

jadi, pada dasarnya manusia adalah makhluk teregois di dunia, kenapa? karena manusia hanya mementingkan diri sendiri, dan mementingkan diri sendiri adalah egois, dan egois adalah sebuah kata-kata yang sangat menakutkan, ketika orang lain mengucapkannya kepada kita " kau egois!" dan tak terkira betapa marahnya kita dan malu ketika mendengar kata-kata itu dituduhkan kepada kita, maka manusia adalah makhluk yang paling bersalah, dan bahagia di bawah tumpukan kesalahan, kenapa tidak? sebagian manusia bekerja untuk dirinya, seperti pengusaha, ia berkerja bukan untuk pegawainya, tapi untuk hidupnya dan keluarganya, atau seperti seorang siswa yang belajar bukan karena untuk bangsa tapi untuk kehidupan masa depannya, begitulah manusia jika tidak dikungkung oleh agama, karena agama menyuruh kita berbuat se-ikhlas mungkin, se-tanpa pamrih mungkin, maka disanalah kita dapatkan jawaban B dan C diterima, dan dianggap betul dan benar

0 comments:

Post a Comment